Siapkah Anda Menghadapi Bencana

Written by vacancy-info on Wednesday, March 12, 2008 at 1:27 AM

Berbagai sejarah bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia adalah wilayah paling rawan bencana. Setiap kali terjadi bencana alam, setiap kali pula kejadian tersebut menimbulkan banyak korban jiwa.

Banyaknya korban jiwa pada setiap bencana alam pada umumnya disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat bagaimana cara bertindak ketika terjadi bencana.
Sudah saatnya masyarakat dapat membuat perencanaan dan persiapan dalam menghadapi bencana alam. Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana, besar kemungkinan hal tersebut akan menyelamatkan anda.

SIAPKAH ANDA MENGHADAPI BENCANA
  • Dimanakah keluarga anda ketika bencana terjadi?

  • Bagaimana anda akan menemukan keluarga anda pada saat bencana?

  • Bagaimana anda tahu bahwa anggota keluarga anda berada dalam keadaan selamat?

Bencana alam dapat terjadi setiap saat dan tanpa peringatan sama sekali. Ketika terjadi bencana, bisa dipastikan kita dalam keadaan shock atau panik. Kepanikan ini dapat membuat situasi semakin buruk.

Banyak tindakan yang seharusnya dilakukan, tidak kita laksanakan karena panik. Kepanikan inilah yang memperburuk situasi.

Untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil tindakan, perlu dilakukan langkah-langkah persiapan kesiapsiagaan bencana yang dipelajari dan dilatih dengan baik secara berkala. Anda dan keluarga dapat menjadi tim yang hebat dan solid jika anda mengetahui apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi yang selanjutnya akan membawa keselamatan diri anda dan keluarga.

Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi, maka besar kemungkinan anda akan selamat dari bencana tersebut.
Pahamilah bahwa bencana alam itu ada dan kita tidak dapat meramalkan kapan bencana alam itu akan terjadi.

Namun kita masih dapat berusaha untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi akibat bencana alam tersebut. Apa langkah atau persiapan yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif bencana alam tersebut? Semoga petunjuk ini bisa dijadikan panduan untuk mempelajari langkah-langkah dalam menghadapi bencana

0 Responses to "Siapkah Anda Menghadapi Bencana"