Asal kata tsunami

Written by vacancy-info on Wednesday, March 12, 2008 at 12:37 AM

Tsunami berasal dari (津波 bahasa Jepang, ombak besar di pelabuhan, Kunrei-shiki: Tsunami), sering kali disalah tafsirkan sebagai gelombang pasang surut (tidal wave). Tsunami adalah peristiwa datangnya gelombang laut yang tinggi dan besar ke daerah pinggir pantai setelah beberapa saat terjadi gempa bumi, letusan gunung berapi dan tanah longsor di dasar laut serta dampak meteorit. Istilah ini bermula diciptakan oleh para nelayan Jepang ketika mereka kembali ke pelabuhan untuk menemukan daerah sekitar pantai yang dihantam gelombang yang tinggi dan besar. Apabila gelombang menghampiri pantai, ketinggiannya meningkat sementara kecepatannya menurun. Dalam lautan yang dalam, gelombang tsunami mempunyai amplitudo ketinggian hanya beberapa sentimeter atau kurang. Oleh karena jarak dari puncak ke puncak adalah ratusan meter, pergerakan turun naik ini tidak dapat dilihat dan dirasakan oleh kapal yang belayar diatasnya dan mungkin tidak menyadari adanya tsunami. Apabila gelombang tsunami tiba di kawasan lautan yang kedalamannya makin berkurang, lajunya akan turut berkurang. Apabila gelombang ini sampai di kawasan pantai, hanya satu cara untuk mengabadikan tenaganya yaitu dengan menambahkan ketinggian ombak.

Ombak ini bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam dan dalam perjalanannya akan menaikkan dan menurunkan pasang air laut. Tsunami dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kawasan pesisir pantai dan kepulauan. Kebanyakan pelabuhan di sekitar lautan pasifik seperti di Jepang dan Hawaii, mempunyai sistim peringatan dan prosedur pemindahan apabila tsunami terjadi. Tsunami bisa diperkirakan kedatangannya dengan berbagai teknologi yang sekarang ini tersedia di dunia dan perkembangannya selalu dipantau melalui satelit.

Bukti menunjukkan tidak mustahil terjadinya megatsunami, yang disebabkan oleh sebagian besar pulau melesak ke dalam laut. Kini, lebih ramai orang meninggal disebabkan oleh tsunami daripada gempa bumi.

0 Responses to "Asal kata tsunami"